ANALISIS BAHAN AJAR
Nama Sekolah : SMA NEGERI 4 PANDEGLANG
Mata Pelajaran : MATEMATIKA
Kelas/Program : XII / IPA
Semester : 1
STANDAR KOMPETENSI:
1. Menggunakan konsep integral dalam pemecahan masalah.
KOMPETENSI DASAR | MATERI POKOK/ PEMBELAJARAN | INDIKATOR | PENGALAMAN BELAJAR | JENIS BAHAN AJAR |
1.1 Memahami konsep integral tak tentu dan integral tentu | o Integral Tak tentu o Integral Tentu | · Mengenal arti Integral tak tentu · Menurunkan sifat-sifat integral tak tentu dari turunan · Menentukan integral tak tentu fungsi aljabar dan trigonometri · Mengenal arti integral tentu · Menentukan integral tentu dengan menggunakan sifat-sifat integral · Menyelesaikan masalah sederhana yang melibatkan integral tentu dan tak tentu | · Mendefinisikan integral taktentu · Menjelaskan cara menetukan integral tak tentu dari turunan · Menjelaskan cara menentukan integral taktentu fungsi aljabar dan trigonometri · Tanya jawab · Mendefinisikan integral tertentu · Menjelaskan cara menentukan integral taktentu fungsi aljabar dan trigonometri · Tanya jawab · Menjelaskan cara menentukan integral tentu dengan menggunakan sifat-sifat integral · Menjelaskan cara menyelesaikan masalah sederhana yang melibatkan integral tentu dan tak tentu. · Tanya jawab · Memberikan soal latihan · Penilaian proses · Penarikan kesimpulan | 1. Buku Paket 2. Buku referensi |
1.2 Menghitung integral tak tentu dan integral tentu dari fungsi aljabar dan fungsi trigonometri yang sederhana | Teknik Pengintegralan: o Substitusi o Parsial o Substitusi Trigonometri | · Menentukan integral dengan dengan cara substitusi · Menetukan integral dengan dengan cara parsial · Menentukan integral dengan dengan cara substitusi trigonometri | · Menjelaskan cara menentukan integral dengan dengan cara substitusi · Menjelaskan cara menetukan integral dengan dengan cara parsial · Menjelaskan cara menentukan integral dengan dengan cara substitusi trigonometri · Tanya jawab · Memberikan soal latihan · Penilaian proses · Penarikan kesimpulan | 1. Buku Paket 2. Buku referensi |
1.3 Menggunakan integral untuk menghitung luas daerah di bawah kurva dan volum benda putar | o Luas Daerah o Volume Benda Putar | · Menghitung luas suatu daerah yang dibatasi oleh kurva dan sumbu-sumbu pada koordinat. · Menghitung volume benda putar. | · Menjelaskan cara menghitung luas suatu daerah yang dibatasi oleh kurva dan sumbu-sumbu pada koordinat. · Menjelaskan cara menghitung volume benda putar. · Tanya jawab · Memberikan soal latihan · Penilaian proses · Penarikan kesimpulan | 1. Buku Paket 2. Buku referensi |
STANDAR KOMPETENSI:
2. Menyelesaikan masalah program linear.
KOMPETENSI DASAR | MATERI POKOK/ PEMBELAJARAN | INDIKATOR | PENGALAMAN BELAJAR | JENIS BAHAN AJAR |
2.1 Menyelesaikan sistem pertidaksamaan linear dua variabel | Program Linear | · Mengenal arti sistem pertidaksamaan linear dua variabel · Menentukan penyelesaian sistem pertidaksamaan linear dua variabel | · Menjelaskan arti sistem pertidaksamaan linear dua variabel · Menjelaskan cara menentukan penyelesaian sistem pertidaksamaan linear dua variable · Tanya jawab · Memberikan soal latihan · Penilaian proses · Penarikan kesimpulan · | 1. Buku Paket 2. Buku referensi |
2.2 Merancang model matematika dari masalah program linear | Model Matematika Program Linier | * Mengenal masalah yang merupakan program linier * Menentukan fungsi objektif dan kendala dari program linier * Menggambar daerah fisibel dari program linier * Merumuskan model matematika dari masalah program linear | * Mengenalkan masalah yang merupakan program linier * Menjelaskan cara menentukan fungsi objektif dan kendala dari program linier * Menjelaskan cara menggambar daerah fisibel dari program linier * Menjelaskan cara merumuskan model matematika dari masalah program linear · Tanya jawab · Memberikan soal latihan · Penilaian proses · Penarikan kesimpulan * | 1. Buku Paket 2. Buku referensi |
2.3 Menyelesaikan model matematika dari masalah program linear dan penafsirannya | Solusi Program Linier | § Menentukan nilai optimum dari fungsi objektif § Menafsirkan solusi dari masalah program linear | § Menjelaskan cara menentukan nilai optimum dari fungsi objektif § Menjelaskan cara menafsirkan solusi dari masalah program linear · Tanya jawab · Memberikan soal latihan · Penilaian proses · Penarikan kesimpulan § | 1. Buku Paket 2. Buku referensi |
STANDAR KOMPETENSI:
3. Menggunakan konsep matriks, vektor, dan transformasi dalam pemecahan masalah.
KOMPETENSI DASAR | MATERI POKOK/ PEMBELAJARAN | INDIKATOR | PENGALAMAN BELAJAR | JENIS BAHAN AJAR |
3.1. Menggunakan sifat-sifat dan operasi matriks untuk menunjukkan bahwa suatu matriks persegi merupakan invers dari matriks persegi lain | Matriks § Pengertian Matriks § Operasi dan Sifat Matriks § Matriks Persegi | * Mengenal matriks persegi * Melakukan operasi aljabar atas dua matriks * Menurunkan sifat-sifat operasi matriks persegi melalui contoh * Mengenal invers matriks persegi | * Mengenalkan matriks persegi * Menjelaskan cara melakukan operasi aljabar atas dua matriks * Menjelaskan cara menurunkan sifat-sifat operasi matriks persegi melalui contoh · Mengenalkan invers matriks persegi Tanya jawab · Memberikan soal latihan · Penilaian proses · Penarikan kesimpulan | * Buku Paket * Buku Referensi |
3.2. Menentukan determinan dan invers matriks 2 x 2 | Determinan dan Invers matriks | * Menentukan determinan matriks 2x2 * Menentukan invers dari matrks 2x2 | * Menjelaskan cara menentukan determinan matriks 2x2 * Menjelaskan cara menentukan invers dari matrks 2x2 · Tanya jawab · Memberikan soal latihan · Penilaian proses · Penarikan kesimpulan | * Buku Paket Buku Referensi |
3.3. Menggunakan determinan dan invers dalam penyelesaian sistem persamaan linear dua variabel | Penerapan matrik pada sistem persamaan linier | * Menentukan persamaan matriks dari sistem persamaan linier * Menyelesaian sistem persamaan linear dua variabel dengan matriks invers | * Menjelaskan cara menentukan persamaan matriks dari sistem persamaan linier · Menjelaskan cara menyelesaian sistem persamaan linear dua variabel dengan matriks invers Tanya jawab · Memberikan soal latihan · Penilaian proses · Penarikan kesimpulan | Menyelesaian sistem persamaan linear dua variabel dengan matriks invers |
3.4. Menggunakan sifat-sifat dan operasi aljabar vektor dalam pemecahan masalah | o Pengertian Vektor o Operasi dan sifat vektor | * Menjelaskan vektor sebagai besaran yang memilki besar dan arah * Mengenal vektor satuan * Menentukan operasi aljabar vektor : jumlah, selisih, hasil kali vektor dengan skalar, dan lawan suatu vektor * Menjelaskan sifat-sifat vektor secara aljabar dan geometri * Menggunakan rumus perbandingan vektor | * Menjelaskan vektor sebagai besaran yang memilki besar dan arah * Mengenalkan vektor satuan * Menjelaskan cara menentukan operasi aljabar vektor : jumlah, selisih, hasil kali vektor dengan skalar, dan lawan suatu vektor * Menjelaskan sifat-sifat vektor secara aljabar dan geometri * Menjelaskan cara menggunakan rumus perbandingan vektor · Tanya jawab · Memberikan soal latihan · Penilaian proses · Penarikan kesimpulan | * Buku Paket Buku Referensi |
3.5. Menggunakan sifat-sifat dan operasi perkalian skalar dua vektor dalam pemecahan masalah. | Perkalian skalar dua Vektor | * Menentukan hasilkali skalar dua vektor di bidang dan ruang * Menjelaskan sifat-sifat perkalian skalar dua vektor | * Menjelaskan cara menentukan hasilkali skalar dua vektor di bidang dan ruang * Menjelaskan sifat-sifat perkalian skalar dua vektor · Tanya jawab · Memberikan soal latihan · Penilaian proses · Penarikan kesimpulan | * Buku Paket Buku Referensi |
3.6. Menggunakan transformasi geometri yang dapat dinyatakan dengan matriks dalam pemecahan masalah | Transformasi Geometri | * Menjelaskan arti geometri dari suatu transformasi bidang * Melakukan operasi berbagai jenis transformasi: translasi refleksi, dilatasi, dan rotasi. * Menentukan persamaan matriks dari transformasi pada bidang. | * Menjelaskan arti geometri dari suatu transformasi bidang * Menjelaskan cara melakukan operasi berbagai jenis transformasi: translasi refleksi, dilatasi, dan rotasi. * Menjelaskan cara menentukan persamaan matriks dari transformasi pada bidang. · Tanya jawab · Memberikan soal latihan · Penilaian proses · Penarikan kesimpulan | * Buku Paket Buku Referensi |
3.7. Menentukan komposisi dari beberapa transformasi geometri beserta matriks transformasinya | Komposisi Transformasi Geometri | * Menentukan aturan transformasi dari komposisi beberapa transformasi * Menentukan persamaan matriks dari komposisi transformasi pada bidang. | * Menjelaskan cara menentukan aturan transformasi dari komposisi beberapa transformasi * Menjelaskan cara menentukan persamaan matriks dari komposisi transformasi pada bidang. · Tanya jawab · Memberikan soal latihan · Penilaian proses * Penarikan kesimpulan | Buku Paket Buku Referensi * |
ANALISIS BAHAN AJAR
Nama Sekolah : SMA NEGERI 4 PANDEGLANG
Mata Pelajaran : MATEMATIKA
Kelas/Program : XII / IPA
Semester : 2
STANDAR KOMPETENSI:
4. Menggunakan konsep barisan dan deret dalam pemecahan masalah.
KOMPETENSI DASAR | MATERI POKOK/ PEMBELAJARAN | INDIKATOR | PENGALAMAN BELAJAR | JENIS BAHAN AJAR |
4.1. Menentukan suku ke-n barisan dan jumlah n suku deret aritmetika dan geometri | o Pola Bilangan o Barisan Bilangan o Barisan dan deret Aritmatika dan Geometri | * Menjelaskan arti barisan dan deret * Menemukan rumus barisan dan deret aritmatika * Menemukan rumus barisan dan deret geometri * Menghitung suku ke-n dan jumlah n suku deret aritmetika dan deret geometri. | * Menjelaskan arti barisan dan deret * Menjelaskan cara menemukan rumus barisan dan deret aritmatika * Menjelaskan cara menemukan rumus barisan dan deret geometri * Menjelaskan cara menghitung suku ke-n dan jumlah n suku deret aritmetika dan deret geometri. · Tanya jawab · Memberikan soal latihan · Penilaian proses · Penarikan kesimpulan | Buku Paket Buku Referensi |
4.2. Menggunakan notasi sigma dalam deret dan induksi matematika dalam pembuktian | o Notasi Sigma o Induksi Matematika | * Menuliskan suatu deret dengan notasi sigma. * Menggunakan induksi matematika dalam pembuktian. | * Menjelaskan cara menuliskan suatu deret dengan notasi sigma. * Menjelaskan cara menggunakan induksi matematika dalam pembuktian. · Tanya jawab · Memberikan soal latihan · Penilaian proses · Penarikan kesimpulan | Buku Paket Buku Referensi |
4.3. Merancang model matematika dari masalah yang berkaitan dengan deret | Model Matematika dari masalah deret | * Mengidentifikasi masalah yang berkaitan dengan deret. * Merumuskan model matematika dari masalah deret | * Menjelaskan cara mengidentifikasi masalah yang berkaitan dengan deret. * Merumuskan model matematika dari masalah deret · Tanya jawab · Memberikan soal latihan · Penilaian proses · Penarikan kesimpulan | Buku Paket Buku Referensi |
4.4. Menyelesaikan model matematika dari masalah yang berkaitan dengan deret dan penafsirannya | Solusi dari masalah deret | * Menentukan penyelesaian model matematika yang berkaitan dengan deret * Memberikan tafsiran terhadap hasil penyelesaian yang diperoleh | * Menjelaskan cara menentukan penyelesaian model matematika yang berkaitan dengan deret * Menjelaskan cara memberikan tafsiran terhadap hasil penyelesaian yang diperoleh · Tanya jawab · Memberikan soal latihan · Penilaian proses · Penarikan kesimpulan | Buku Paket Buku Referensi |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar